Puskesmas

Puskesmas


Adalah organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat. Disamping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Puskesmas memp unyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya.


Wilayah kerja Puskesmas adalah satu atau sebagian kecamatan dengan kepadatan penduduk rata-rata 30.000 jiwa. Beserta luas daerah da keadaan geografis dan infrastrukur.


Pelayanan Kesehatan yang diberikan di Puskesmas
  1. Promotif (Peningkatan Kesehatan)
  2. Preventif (Upaya Pencegahan)
  3. Kuratif (Pengobatan)
  4. Rehabilitatif (Pemulihan Kesehatan)
  5. Pelayanan Kesehatan terpadu/integrasi (BP, KIA, hygiene sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, gizi masyarakat, promosi kesehatan dan lain – lain).

Fungsi Puskesmas;
  1. Menggerakan Pembangunan Berwawasan Kesehatan, Puskesmas harus berperan sebagai motor dan motivator terselenggaranya pembangunan yang mengacu, berorientasi serta dilandasi oleh kesehatan sebagai faktor pertimbangan utama.
  2. Memberdayakan Masyarakat, Pembedayaan masyarakat adalah segala upaya fasilitasi yang bersifat non instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan agar mampu mengidentifikasi masalah, merencanakan, dan melakukan pemecahannya dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada.
  3. Memberikan Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama, Pelayanan yang bersifat ‘mutlak perlu’, yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat serta mempunyai nilai strategis untnk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Upaya pelayanan kesehatan untuk pertama ini harus bersifat holistik, komprehensip, terpadu, dan berkesinambungan

Ruang Lingkup Kegiatan Pengolahan dan Analisa pada Tingkat Puskesmas;
  1. Mengkompilasi data dari Puskesmas baik dalam gedung maupun luar gedung
  2. Mentabulasi data upaya kesehatan yang diberikan kepada masyarakat yang dibedakan atas dalam Wilayah dan luar wilayah
  3. Menyusun kartu index Penyakit
  4. Menyusun sensus harian untuk mengolah data kesakitan
  5. Melakukan berbagai perhitungan-perhitungan dengan menggunakan data denominator

0 Response to "Puskesmas"